Kamis, 12 Mei 2016

Cara Instalasi Mikrotik v5.25 Pada VirtualBox



CARA
Instalasi Mikrotik v5.25
Pada VirtualBox


Mungkin sebagian dari kalian sudah tau dan ada juga yang belum tahu mengenai apa itu mikrotik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit apa itu mikrotik dan juga cara menginstall mikrotik, namun untuk cara menginstallnya saya akan gunakan virtual, yaitu VirtualBox.
Mikrotik adalah sebuah OS yang diperuntukkan sebagai network router. Mikrotik sendiri adalah sebuah OS dan Software yang dapat mengubah komputer biasa menjadi router network yang sangat handal. Terdapat banyak sekali fitur yang dimiliki oleh MikroTik RouterOS ini, seperti sebagai firewall, NAT, routing, Hotspot, point to point tunnelling protocol, DNS Server, DHCP server, dan banyak lagi fitur lainnya. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas banyak tentang MikroTik RouterOS, tetapi saya akan membahas tentang “Cara penginstallan MikroTik RoutOS pada VirtualBox”
                                                    

Cara menginstall mikrotik
1.   Buat mesin baru pada VirtualBox kalian, tipe dan versinya Other.





Kemudian atur jumlah RAM yang akan digunakan pada Mikrotik OS, saya menggunakan ukuran RAM yang disarankan, yaitu 64 MB.



 

1.   Lalu lanjut dengan memberi ukuran memori Hard disk, saya pakai ukuran hard disknya sebesar 2 GB.


1.   Lalu klik “next” saja terus, karena setelan defaultnya sudah benar.



1.   Setelah itu, maka sebuah mesin virtual baru akan tercipta, kemudian kita harus menjalankannya untuk menginstallnya. Lalu kita pilih dulu OS apa yang akan kita install, di sini kita akan menginstall OS mikrotik v5.25




kemudian ISO nya akan berjalan, dan loading seperti tampilan berikut.



Tunggu sampai prosesnya selesai dan akan muncul tampilan seperti berikut. Beri tanda x semuanya, lalu tekan “i”.



1.   Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut dan kalian klik “n” untuk NO, dan yang kedua klik “y” untuk YES.




1.   Lalu akan loading lagi, kalian tunggu saja sampai selesai, kemudian setelah muncul tulisan “REBOOT”, jangan langsung kalian tekan enter, tapi  kalian harus mengejct/mencopot terlebih dahulu CD drive nya. Caranya, klik perangkat =>optical drives =>singkirkan disk dan drive virtual. Setelah itu baru kalian tekan enter dan mesinya akan otomatis REBOOT.



1.   emudian akan ada proses loading system, kemudian kalian harus Login terlebih dahulu.






1.   Setelah Login, akan ada tampilan seperti berikut, lalu kita masukkan perintah-perintah untuk mengubah nama user dan passwordnya. Untuk mengubah nama user, kita masukkan perintah “system identity set name=Khamim#46 (namanya terserah kalian saja)”. Dan untuk mengubah passwordnya, masukkan perintah “password” lalu masukan password lama dan password baru yang akan kita gunakan (contoh: 1234567890).




1.   Lalu untuk mengatur jumlah ethernetnya, kita harus mematikan dulu mesinnya, perintahnya yaitu “system shutdown”.

1.   Kemudian untuk mengatur jumlah ethernetnya, kita masuk ke setelan pada VirtualBoxnya. Lalu masuk ke setting>jaringan> adaptor 2>centang Fungsikan Adaptor Jaringan>pilih NAT>tekan OK.



1.   lalu kita jalankan lagi mesinnya, kemudian kita harus login lagi.


 

1.   Setelah berhasil Login, maka akan loading. Setelah itu kita masukkan perintah-perintahnya. 

2.   Untuk melihat apakah sudah ada 2 ethernet pada mikrotik kita, kita masukkan perintah “interface print”, dan ihat hasilnya.


1.   Kemudian untuk mengubah nama ether1 dan ether2 menjadi public dan local, kita masukkan perintah “interface”>tekan enter>”set 0 name=public”(untuk ether1)>tekan enter>”set 1 name=local/pubic”(untuk ether2)>tekan enter. Lihat hasilnya dengan cara masukkan perintah “interface print”.


 

1.   Untuk mengisi IP Addressnya, kita masukkan perintah seperti gambar dibawah ini. Saya menggunakan IP 192.168.24.1 untuk public, dan IP 192.168.24.2 untuk Local/Clientnya.


1.   Lalu kita cek apakah IP addressnya sudah terisi atau belum, kita masukkan perintah “ip address print”. Kalian lihat hasilnya ini.




Itulah cara menginstall Mikrotik OS pada VirtualBox, berdasarkan penjelasan diatas, saya mengubah :

=> Nama User mikrotik menjadi User Khamim#46

=> Password awalnya kosong menjadi 1234567890
=> Ethernet yang awalnya hanya 1 menjadi 2 ethernet
=> Dan yang terakhir saya mengisi IP Addressnya, untuk IP public saya isi dengan 192.168.24.1 dan untuk IP Local/client saya isi dengan 192.168.24.2



Sekian penjelasan singkat dari saya, semoga sedikit banyak akan bermanfaat bagi kalian, apabila ada kekurangan saya mohon maaf karna kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Makasih udah nyimak dan makasih juga udah mampir diblog saya. Jangan lupa untuk share dan like yaa. Akhir kata Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Khamim’s out. 


 


Tidak ada komentar: