Rabu, 04 Mei 2016

Cara menyetting TP-Link

       Hai sahabat-sahabat saya semuanya, bertemu lagi dengan saya Khamim, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menyetting TP-LINK untuk wireless (WiFi).  

TP-LINK
      

       Kawan-kawan semua tentunya sudah tahu apa yang namanya WiFi, karena pada perkembangan zaman yang semakin modern ini WiFi bisa menjadi alternatif untuk terhubung ke internet. WiFi sangat mudah dalam penggunaannya, kita tinggal memasukkan password WiFi terus langsung bisa tersambung ke internet, karena itu sekarang ini WiFi sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Banyak vendor-vendor penyedia layanan WiFi, terutama Telkom Indonesia. Di Indonesia, Telkom adalah perusahaan terbesar yang menyediakan pelayanan WiFi, namun selain Telkom ada juga perusahaan baru yang sedang buming, yaitu Bolt. Namun pada kesempatan ini saya tidak akan membahas kedua vendor tersebut, saya akan menjelaskan cara untuk mengganti SSID (nama WiFI), password WiFi dan mengatur jumlah Host (pengguna) WiFi.


                Langsung saja tidak banyak bicara lagi, saya akan menunjukkan cara untuk mengganti SSID WiFi, password WiFi dan mengatur jumlah pengguna WiFi.

1.      1.  Cara mengganti SSID dan Password WiFi.

   a.       Buka browser kalian.
   b.       Masukkan alamat default gateway WiFi kalian, cara melihatnya melalui Command Prompt.
Buka CMD-nya, lalu masukkan perintah ipconfig lalu akan muncul banyak text, dan kalian cari Default Gateway.

Lihat Default Gatewaynya


c.      Lalu masukkan Username dan password nya, jika setelannya masih Default, maka username : admin dan passworrd : admin.


d.       Setelah Login, kita akan dibawa pada menu utama yaitu status, kemudian kita pilih tab “Quick Setup” dibagian kanan.  



e.       Kemudian kita pilih “Dynamic IP”. Karena kita tidak melakukan settingan awal, kita hanya mengikuti settingan pabrik.


 f. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut dan klik saja reboot. Proses ini digunakan untuk merestart.


                            tunggu sampai proses restrarting selesai.


g. Kemudian kita akan masuk ke halaman untuk mengganti nama Wifi kita. Dan silahkan kalian atur SSID danPasswordnya sesuai keinginan kalian.


h. Setelah itu kita akan kembali ke tampilan awal kita pada tampilan status tadi. Coba cek pada Laptop atau Handphone kalian. Jika sudah ada maka proses telah selesai dan berhasil.

2. Cara mengatur kecepatan Upload dan Download.

a. Masuk ke tab "Bandwidth Control"
b. Lalu atur Speed Bandwidth sesuai yang kalian inginkan, terserah kalian ingin mau kalian besarkan speed yang upload atau download, upload digunakan untuk kecepatan browsing kalian, sedangkan download digunakan untuk kecepatan mengunduh kalian, sesuaikan sesuai kebutuhan kalian agar kalian tidak kecewa.


c. Selesai.

3. Cara Mengatur jumlah Client pada Wifi.

 a. Masuk ke tab DHCP
 b. Lalu atur Start IP dan End Start IP, disini saya contohkan Start IP saya 192.168.1.5 dan End IP saya 192.168.1.11, itu berarti jumlah host yang dapat masuk ke Wifi hanya 6 alamat 
( 11-5=6 ). Kemudian klik Save.

c. Untuk melakukan reboot, klik "click here" yang berwarna biru, dan proses restart akan otomatis berjalan.


d. Tunggu samapai proses restart selesai, dan settingan anda telah tersimpan.


Cukup mudah bukan untuk mengatur sebuah TP-LINK, sekian dulu dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengatur atau mengubah setingan pada Wifi Sobat sekalian.
Oh iya jangan lupa untuk memberi jempol kalian, karena berkat kalian para pembaca blog ini, saya akan terus termotivasi untuk terus membuat blog-blog. Terima Kasih, jika ada pertanyaan silahkan kalian masukkan dikolom komentar di bawah ini.
Khamim Out.

Tidak ada komentar: